Marketing Mix Untuk Pemula

Penulis:

Kategori:

Semua usaha seberapa besarpun ukurannya, pasti akan membuat strategi pemasaran untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa mereka. Namun, terkadang menentukan strategi yang tepat bisa menjadi hal yang sulit apalagi untuk pemula. Untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk usaha Anda, Anda bisa menggunakan marketing mix atau bauran pemasaran sebagai alat untuk menentukan strategi tersebut.

Pengertian Marketing Mix

Istilah “marketing mix” adalah model dasar untuk bisnis, yang secara historis berpusat di sekitar produk, harga, tempat, dan promosi (juga dikenal sebagai “4 P”). Marketing mix telah didefinisikan sebagai “seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mengejar tujuan pemasarannya di pasar sasaran”.

Bauran Pemasaran atau Marketing Mix merupakan metode memposisikan produk dan memutuskannya untuk dijual di tempat yang tepat, dengan harga dan waktu yang tepat. Produk tersebut kemudian akan dijual, sesuai dengan strategi pemasaran dan promosi.

Penataan marketing mix yang benar oleh manajer pemasaran perusahaan memegang peranan penting dalam keberhasilan pemasaran suatu perusahaan:

  • mengembangkan kekuatan dan menghindari kelemahan
  • memperkuat daya saing dan kemampuan beradaptasi perusahaan
  • memastikan departemen internal perusahaan bekerja sama secara erat

Dalam Marketing Mix pun ada dua metode yang bisa Anda gunakan yaitu 7p untuk usaha yang menawarkan jasa atau 4p untuk usaha yang menjual produk.

4P Marketing Mix

Product (Produk)

Produk adalah komoditas, diproduksi atau dibangun untuk memenuhi kebutuhan individu atau kelompok. Produk bisa berwujud (tangible) atau tidak berwujud (intangible) karena bisa berupa jasa atau barang.

Penting untuk melakukan penelitian ekstensif sebelum mengembangkan produk karena memiliki siklus hidup yang berfluktuasi, dari fase pertumbuhan hingga fase kedewasaan hingga fase penurunan penjualan.

Suatu produk memiliki siklus hidup tertentu yang meliputi fase pertumbuhan, fase jatuh tempo, dan fase penurunan penjualan. Penting bagi pemasar untuk menemukan kembali produk mereka untuk merangsang lebih banyak permintaan setelah mencapai fase penurunan penjualan.

Ini harus menciptakan dampak di benak pelanggan, yang eksklusif dan berbeda dari produk pesaing. Ada pepatah lama yang menyatakan untuk pemasar, “apa yang dapat saya lakukan untuk menawarkan produk yang lebih baik kepada kelompok orang ini daripada pesaing saya”. Strategi ini juga membantu perusahaan membangun nilai merek atau brand value.

Price (Harga):

Harga adalah komponen yang sangat penting dari definisi bauran pemasaran. Harga produk pada dasarnya adalah jumlah yang dibayar pelanggan untuk menikmatinya. Harga adalah elemen terpenting dari rencana pemasaran karena menentukan kelangsungan hidup dan keuntungan perusahaan.

Menyesuaikan harga produk walaupun sedikit berdampak besar pada keseluruhan strategi pemasaran serta sangat mempengaruhi penjualan dan permintaan produk di pasar. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menentukan biaya produk adalah, harga pesaing, harga jual, lokasi pelanggan, diskon, syarat penjualan, dll.,

Place (Tempat):

Penempatan atau distribusi adalah bagian yang sangat penting dari strategi bauran pemasaran. Kita harus memposisikan dan mendistribusikan produk kita di tempat yang mudah dijangkau oleh calon pembeli / pelanggan.

Promotion (Promosi):

Ini adalah proses komunikasi pemasaran yang membantu perusahaan mempublikasikan produk dan fitur-fiturnya kepada publik.

Ini adalah komponen bauran pemasaran yang paling mahal dan penting, yang membantu menarik perhatian pelanggan dan mempengaruhi mereka untuk membeli produk. Sebagian besar pemasar menggunakan taktik promosi untuk mempromosikan produk mereka dan menjangkau publik atau audiens yang ditarget. Promosi mungkin termasuk pemasaran langsung, periklanan, branding pribadi, promosi penjualan, dll.

Dengan memperhitungkan keempat aspek ini, Anda dapat melihat gambaran secara keseluruhan situasi dari usaha Anda untuk menjadi landasan strategi pemasaran Anda.

Baca Selengkapnya

Artikel Terkait

Leave a Reply