Tips Berjualan Dan Jadi Top Dropshippers Dengan Iklan Facebook

Penulis:

Kategori:

Di masa pandemic ini, bisnis online menjadi ladang paling strategis untuk menghasilkan keuntungan. Dropshipper adalah salah satu cara jualan yang bisa dipilih sebagai pekerjaan yang minim akan modal, resiko karena kita tidak perlu repot mengurus stok. Terlebih lagi, dengan menjadi dropshipper membuatmu bebas untuk bekerja sama dengan lebih dari satu toko saja.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan banyak mengulas tentang apa itu dropshipper dan bagaimana cara berjualan barang kamu lewat Facebook Ads bareng Ayu Catur, YouTube Content Creator yang suka membahas seputar bisnis online dan Shopee Affiliate Ambasador. Kamu dapat mengetahui lebih jelas tentang dropshipper dan mencoba pakai menggunakan Facebook Ads untuk promosi bisnis online kamu lho.

Setelah mengetahui apa itu dropshipper, kita mau bahas keuntungan menjadi seorang dropshipper dibawah ini:

  1. Minim modal, apalagi buat kamu yang baru mau terjun ke dunia bisnis online.
  2. Tidak perlu sewa gudang/ruko karena sistem ini memang tanpa stock barang.
  3. Tidak perlu packing & antar paket ke jasa ekspedisi, karena pengiriman barang sudah diurus oleh supplier yang bekerja sama bareng kamu.
  4. Repeat order dan langganan, karena informasi yang tercantum di detail pengirim paket adalah nama online shop kita bukan nama supplier.

Selain poin-poin kelebihan menjadi seorang dropshipper yang sudah kita jabarkan di atas, juga terdapat beberapa kelemahan dari pekerjaan yang satu ini. Berikut merupakan penjelasan dari Ayu Catur:

  1. Tidak bisa mengetahui kualitas barang yang kita jual secara langsung, karena barang dikirim dari supplier ke pembeli/pemesan order.
  2. Supplier menjadi penentu kualitas produk yang kita jual, yang mana tentu saja mempengaruhi kualitas/rating online shop kita.
  3. Sering kehabisan stok kalau kita tidak rajin cek stok ke supplier atau up date di marketplace, apalagi barang yang dijual sedang tren di pasar.

Dalam webinar-nya, Ayu Catur memberikan saran buat kamu untuk mencari supplier yang namanya sudah besar dan terjamin jadi stok produk terjamin banyak dengan kualitas produk yang baik. Jika supplier ini juga berjualan di marketplace akan lebih bagus, karena kita bisa cek produk di foto dan video serta ulasan dari pembeli sebelumnya.

Sebagai seorang dropshipper, kamu juga sebaiknya promosiin bisnismu di media sosial supaya orang-orang tahu online shop dan tentunya bakalan membeli produk-produk yang kamu jual. Nah, beriklan di media sosial ada yang gratis/berbayar, contoh yang gratis adalah kamu rajin share dan update jualan kamu di story dan feed Instagram, Facebook community, TikTok dan WhatsApp blast. Selain itu apabila kamu memiliki budget untuk iklan, kamu bisa endorse influencer/content creator yang tentunya konten dan produk kamu jual masih nyambung. Satu lagi yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memanfaatkan fitur Facebook Ads. Apa itu Facebook Ads? Facebook Ads adalah media beriklan yang ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai audiens-nya. Penempatan iklan biasanya berada pada halaman beranda (homepage) atau sidebar. Terdapat 2 tipe iklan yang biasa digunakan yaitu iklan video dan iklan gambar.

Yuks, kita kulik sejenak kelebihan Facebook Ads ini sebelum kamu menggunakannya:

  1. Iklannya lebih tertarget 

Facebook Ads mampu menargetkan customer seperti apa yang menjadi target kamu. contohnya mulai dari rentang usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat, dengan begitu produk sekaligus online shop kamu akan tersampaikan dengan baik kepada orang-orang yang mempunyai interest terhadap produkmu.

  1. Jangkauan lebih luas

Karena yang belum berteman/follow akun online shop kita bisa melihat iklan yang kita pasang baik di Facebook atau Instagram.

  1. Biaya iklan lebih terjangkau

Biaya berIklan di Facebook Ads tergolong sangat terjangkau bahkan kita bisa men-setting sesuai dengan budget yang kita miliki. Sebelum mengaktifkan iklan, kita bisa melihat berapa audiens yang akan dijangkau dari biaya yg kita keluarkan. Misalkan budget kita 20,000 Rupiah, disana akan terlihat perkiraan jangkauan audiens sebanyak berapa ribu orang dan berapa hari iklan itu ditayangkan.

Selain terdapat kelebihan yang sangat memudahkan kita, beriklan di Facebook juga memiliki kekurangan yang dibicarakan oleh Ayu Catur. Mulai dari 1 September 2020, Facebook memberlakukan pajak sebesar 10% untuk setiap biaya iklan, misalnya, kamu mau beriklan dengan budget 200,000 Rupiah, maka pajak yang dikenakan sebesar 20,000 Rupiah. Jadi yang tercantum ditagihan kamu totalnya 220,000 Rupiah.

Satu lagi nih tips dari kita, biasanya mereka jauh lebih tertarik melakukan chat ke teman-teman, update status, explore di grup komunitas dan juga bermain game online di Facebook. Jadi mereka jarang memperhatikan iklan maka dari itu kamu harus bisa membuat iklan kamu semenarik mungkin untuk bisa membuat mereka klik dan beli produk kita.

Yuk, tonton langsung bagaimana caranya aktifin iklan Facebook Ads kamu yang dipandu oleh Ayu Catur di YouTube channel HidupCUAN!

Link: https://www.youtube.com/watch?v=iCsvc-Llm00

Baca Selengkapnya

Artikel Terkait

Leave a Reply