6 Tipe Pembeli Di Olshop, Pernah Mengalaminya?

Penulis:

Kategori:

Dalam menjalankan bisnis, pelayanan terhadap pelanggan tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh semua pemilik usaha. Dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan, Sobat CUAN baiknya memahami karakter-karakter pelanggan agar dapat memberikan pelayanan yang optimal yang sesuai dengan karakter. Apalagi kini semua berbelanja bisa lebih efektif dan efisien di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Zalora, Berrybenka dan masih banyak lagi. Semakin banyaknya orang berbelanja maka tentu saja akan ditemui berbagai tipe para konsumen yang berbeda-beda.

Dihimpun dari berbagai sumber, seiring dengan menjamurnya produk bisnis dan jasa yang tersedia di Indonesia, tim HidupCUAN mengajak kalian untuk mengupas 6 tipe pelanggan online biar kalian paham dan bisa buat mereka check-out produk jualanmu!

  1. Pembeli Pasti Beli

Tipe pembeli yang pasti beli sudah tentu paling disukai oleh Sobat CUAN, biasanya tipe ini mereka akan memastikan stok, kualitas barang sudah sesuai dengan deskripsi, ketersediaan ukuran/warna dan check-out ada/tidaknya promosi gratis ongkir. Ini adalah tipe pembeli yang memang butuh produk yang dijual, bagi penjual enak sekali tipe konsumen seperti ini. Betul nggak Sobat CUAN?

  1. Pembeli Afgan

Nah kalau tipe ini adalah tipe pembeli yang nawarnya bahkan minta diskonnya sadis bisa buat Sobat CUAN menahan tangis. Misalnya pada produk sudah diberi keterangan diskon 25%, masih nawar lagi minta diskon 50% atau minta tambah free ongkir diluar promosi dari marketplace. Kesal pastinya tapi kalian harus tetap sabar menghadapinya ya, mungkin bisa ditawarkan membeli diatas minimum order supaya diskon atau promo lainnya bisa kalian tawarkan. 

  1. Pembeli PHP

Konsumen PHP (pemberi harapan palsu) seperti ini biasanya akan bertanya secara mendetail dari ukuran, warna, berapa stok yang ada, banyak sekali pertanyaan yang diajukan, bahkan sampai minta stok disimpan sehabis itu mereka menghilang tidak ada kabar/check out. Kalau ketemu tipe seperti ini, Sobat CUAN boleh blacklist dan delete contact supaya mereka tidak bisa menghubungi kalian lagi. 

  1. Pembeli Bodo Amat

Biasanya online shop yang ramai akan sibuk melayani chat calon pembeli / konfirmasi hasil pembelian untuk diteruskan ke bagian pengiriman sehingga menyebabkan Sobat CUAN slow respon. Tapi calon pembeli tidak mau tahu kalau ia ingin segera direspon karena butuh barang urgent. Atau saat pesanan pembeli tidak kunjung sampai, mereka marah-marah ke kalian padahal sebenarnya tanggung jawab penjual adalah sampai kepada pengiriman barang dan selanjutnya adalah tanggung jawab jasa kurir tersebut. Pembeli bisa saja untuk cek dari nomor tracking yang dicantumkan dan Sobat CUAN tidak ada salahnya bantu cek karena merupakan bagian pelayanan yang bisa menambah review bagus buat kalian. 

  1. Pembeli Penipu

Sobat CUAN wajib waspada ya dengan tipe pembeli ini. Misalnya si pembeli bilang bahwa sudah melakukan pembayaran bahkan sudah menyertakan bukti transferan tetapi waktu penjual cek belum ada transferan masuk. Para penjual wajib cek transferan masuk dan pembayaran dianggap sah jika dana sudah diterima di rekening penjual. Bukti transferan palsu biasanya diedit oleh si pelaku penipuan. Atau tipe ini juga bisa memberikan alamat palsu (bukan Ayu Ting-Ting ya) jadi seperti order palsu yang merugikan penjual sekaligus pemilik rumah yang dicantumkan pemalsu di detail ordernya.

  1. Pembeli Pemalas

Jika Sobat CUAN menemukan tipe pembeli seperti ini, sabar ya. Apalagi kalau sudah diinformasi detail produk lengkap, stok sudah ditulis ready tetapi masih bertanya ready tidak, ada warna apa saja masih ditanya ada warna apa saja, harga sudah tertera masih ditanya harga berapa bahkan minta diskon, dan minta dihitung total berapa, padahal tinggal dikalikan jumlah pesanan dengan harga, dan minta hitung lagi sama ongkir jadi berapa. Tim HidupCUAN cuma bisa bantu doa supaya pembeli ini jadi check-out barangmu ya.

Nah, dari semua tipe diatas tentunya paling menyenangkan adalah tipe pembeli pasti beli karena pasti check-out produk yang Sobat CUAN jual. Dan tipe pembeli lainnya adalah tantangan bagi si kalian untuk sabar dan bijak menghadapinya. Buat para pembeli yang baca semoga makin bijak juga ya apabila kalian mau membeli barang secara online. 

Baca Selengkapnya

Artikel Terkait

Leave a Reply