Cara Memulai Bisnis Reselling Untuk Pemula (Bagian 1)

Penulis:

Kategori:

Ide bisnis tidak harus selalu brilian untuk menghasilkan keuntungan. Anda bahkan tidak harus memikirkan produk baru untuk mendapatkan penjualan oflline dan online. Anda bisa memulai bisnis reselling dan mendapatkan keuntungan tanpa harus menciptakan atau mengembangkan sebuah produk.

Bisnis reselling adalah cara yang paling minim biaya dan cara efektif untuk memulai berjualan tanpa harus memulai dari 0. Sudah banyak contoh orang yang sukses melalui bisnis reselling. Jenis bisnis ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan atau Anda bisa meneruskan hingga menjadi bisnis utama Anda. Apapun tujuan Anda, tidak ada waktu yang lebih tepat untuk belajar apa itu bisnis reselling serta bagaimana menjalankannya dengan benar.

Apa itu Bisnis Reselling ?

Seperti Namanya, reselling pada dasarnya adalah menjual ulang barang online maupun offline. Bisnis reselling yang ideal adalah menjual produk kepada pelanggan dengan harga yang lebih tinggi dari harga ketika Anda membeli produk tersebut.

Terdapat ribuan bahakan jutaan reseller yang sukses di luar sana. Percaya atau tidak, memulai bisnis reselling tidaklah menakutkan seperti yang banyak orang kira. Model dari bisnis tersebut sangatlah simple untuk Anda coba! Anda akan terkejut dengan peluang bisnis reselling yang akan Anda dapatkan apabila Anda dapat menemukan produk yang bagus serta konsistensi.

Berikut ini adalah beberapa tips yang Anda dapat pelajari untuk memulai bisnis reselling.

Memulai Bisnis Reselling

Pikirkan Produk Apa Yang Akan Anda Jual

Langkah pertama adalah dengan memahami produk apa yang Anda ingin jual. Keputusan ini akan membantu branding Anda, target pasar serta strategi pemasaran Anda. Namun, menenuntukan produk yang akan Anda jual membutuhkan Analisa yang lebih, hal ini dikarenakan Anda ingin menjual produk yang memiliki permintaan yang tinggi serta menguntungkan. Seringkali, bisnis reselling tersebut memiliki pasar khusus atau pasar niche mereka sendiri seperti kaos vintage dll. Anda mungkin memiliki sesuatu yang sangat Anda minati, yang dapat Anda gunakan untuk hobi atau membangun bisnis.

Namun, beberapa reseller tidak memikirkan pasar khusus tersebut dan mencoba menemukan produk yang mereka percaya akan laris dipasaran.

Kedua strategi tersebut bisa berhasil, namun, apabila Anda ingin mengembangkan bisnis tersbut, Kami menyarankan agar Anda menargetkan produk yang akan dijual kepada pasar khusus tersebut. Dengan ini, pelanggan tidak akan kebingungan tentang apa yang Anda lakukan, merekapun akan mengasosiasikan produk Anda dengan bisnis Anda. Akan lebih baik untuk menjadi spesialis di satu bidang disbanding menjadi bisnis yang menjual berbagai macam jenis produk secara online. Hal tersebut akan mambangun kepercayaan pada target pelanggan Anda, yang tentunya harus menjadi tujuan bisnis Anda. Lalu apabila Anda berencana untuk berjualan secara online, menyesuaikan brand image bisnis Anda untuk masuk ke pasar khusus akan membantu Anda dalam SEO (Search Engine Optimization). Hal ini dikarenakan mesin pencarian seperti Google akan mengetahui apa yang bisnis Anda tawarkan serta mendorong bisnis Anda untuk muncul di halaman terdepan ketika calon pelanggan mencari produk tersebut.

Pilih Marketplace Untuk Berjualan

Ketika Anda telah mengerti produk yang akan dijual, sebelum memulai bisnis reselling, Anda harus menentukan marketplace apa yang akan Anda gunakan untuk berjualan. Terdapat berbagai macam marketplace di luar sana untuk berbagai macam produk. Contohnya, apabila Anda menjual produk pakaian vintage Anda dapat menggunakan Carousell. Keputusan Anda akan sangat dipengaruhi oleh target pelanggan Anda. Pada intinya kenali dan cari tahu di mana pelanggan Anda dapat ditemukan.

Ketika Anda mulai mencaritahu mencari tahu mengenai tempat yang cocok untuk berjualan, Anda akan menemukan banyak pilihan. Kebanyakan orang akan memilih untuk berjualan secara local atau menemukan platform online.

Apabila Anda ingin mencoba berjualan secara local, Anda bisa memulai dengan mebuat akun media sosial dan berjualan melalu foto yang Anda unggah di media tersebut atau menitipkan produk Anda pada toko di dekat Anda dimana pelanggan dapat mengunjungin toko tersebut. Namun, Kami menyarankan untuk berjualan secara online di marketplace apabila Anda ingin menemukan lebih banyak pelanggan potensial.

Ada berbagai macam jenis marketplace online yang memiliki pelanggan dengan jenis yang berbeda. Maka dari itu, Anda dapat tentunya terdapat marketplace online yang sesuai dengan jenis produk dan pelanggan Anda.

Kelebihan dari memilih marketplace yang sudah terkenal; adalah Anda akan mendapatkan lebih banyak cangkupan pelanggan ketika Anda mulai memasarkan produk Anda!

Tentunya Anda harus berada di berbagai macam marketplace sebanyak mungkin. Anda sangat tidak diwajibkan untuk menjual hanya pada satu tempat! Berjualan di banyak tempat akan membantu Anda dalam diversifikasi dan merangkul lebih banyak calon pelanggan.

Bagaimana SobatCUAN? Apakah sudah mulai tertarik untuk membuka bisnis reselling Anda? Nantikan bahasan lanjutan mengenai reselling di bagian 2 dan 3 ya!

Baca Selengkapnya

Artikel Terkait

Leave a Reply