Home Blog

Manfaat Influencers Buat Promosiin Jualan Produkmu

0

Influencer adalah orang-orang yang memiliki jumlah followers yang cukup banyak dan memiliki pengaruh yang kuat berdasarkan apa yang mereka unggah dan sharing di media sosial, contohnya artis, selebgram, blogger, youtuber, selebtwit, tiktokers dan lain sebagainya. Influencer yang membantu promosi disebut dengan influencer marketing. Influencer marketing adalah salah satu strategi digital marketing dimana sebuah perusahaan mengajak influencer untuk bekerja sama meningkatkan brand awareness dan penjualan.

Jika di artikel sebelumnya, HidupCUAN membahas jenis influencer dan pertimbangan apa aja buat Sobat CUAN memilih influencer yang mau kalian aja kerja sama di ObrolanCUAN “Tips Promosi Bisnis Bareng Influencers”, kali ini kami akan membeberkan manfaat apa aja sih yang bisa kalian dapatkan apabila memakai influencers untuk promosi jualan produkmu. Dihimpun dari berbagai sumber, yuk kita kulik satu per satu:

Meningkatkan Brand Awareness

Melalui bantuan influencer, Sobat CUAN bisa mendapatkan lebih banyak visibilitas ketika mereka merekomendasikan dan menyebutkan merek dan jenis produk/layananmu. Promosi pakai influencer juga memungkinkan kalian untuk menjangkau audiens Millenial dan Gen Z. Apalagi sebanyak 85% di antaranya sangat terbuka terhadap informasi tentang produk tertentu melalui media sosial.

Para followers akan lebih menyukai produk/layanan yang digunakan oleh seorang influencer yang mereka sukai atau mereka idolakan. Jika Sobat CUAN membangun sebuah bisnis baru, strategi ini bisa menjadi awal baru dalam meningkatkan brand awareness.

Membangun Hubungan Dekat Dengan Konsumen

Banyak dari para konsumen akan mencari tahu produk atau brand tertentu melalui internet. Di sinilah, influencer bisa membantu kalian dalam membuat pemasaran menjadi lebih personal dan membangun hubungan dengan audiens yang lebih besar. Hubungan yang tercipta dari influencer ini biasanya dapat dari interaksi di kolom komentar pada konten yang dibuat, komentar Insta-story atau ketika influencer sedang live di media sosial mereka. 

Memperluas Target Market

Melalui influencer, Sobat CUAN dapat melakukan kerja sama endorsement terhadap produk bisnis kalian. Cari dan gunakanlah influencer yang punya banyak followers yang aktif dalam like maupun komen di akun media sosial. Dengan begitu, kalian dapat memperluas pangsa pasar dan membuat brand produk kalian menjadi terkenal melalui endorse yang dilakukan oleh influencer tersebut.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Konsumen lebih terpengaruh dan percaya pendapat influencer yang mereka ikuti. Oleh karena itu, influencer memiliki peran secara langsung dalam meningkatkan kredibilitas produk/layanan Sobat CUAN. 

Influencer biasanya menerapkan teknik soft selling dalam setiap konten yang disajikan, dan influencer memiliki strategi dalam menyampaikan materi promosi secara autentik, mudah dipahami, jelas, dan mudah diterima followersnya. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa 75% dari pemirsa YouTube lebih suka konten YouTube yang menampilkan orang-orang asli, relatable, dan dapat diandalkan.

Mendorong Keputusan Membeli

Faktor ini tentunya yang paling Sobat CUAN mau dong dari efek memakai influencer buat bantu kalian promosi dan jualan produk/layanan melalui sosial media mereka. Menurut statistik Blog DMI, sekitar 40% responden survei melaporkan bahwa mereka melakukan pembelian setelah melihat influencer favorit mereka menggunakan produk/layanan yang diiklankan. Hal ini menunjukkan bahwa influencer memiliki dampak signifikan pada proses pengambilan keputusan pembelian konsumen.

Menambah Daftar Testimoni

Pada sistem endorsement yang dilakukan oleh para influencer, kalian tentunya akan mendapatkan beberapa konten foto/video saat mereka menggunakan produk/layananmu. Konten ini bisa Sobat CUAN gunakan sebagai koleksi tambahan testimoni dan konten di media sosial agar calon konsumen lebih tertarik dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap jualanmu.

Nah, itu dia beberapa penjelasan manfaat keuntungan memakai influencer buat promosiin bisnis kamu. Tertarik untuk bekerja sama dengan influencer buat promosiin bisnis dan jasa Sobat CUAN? HidupCUAN sekarang bisa membantu kalian buat kerja sama bareng influencer lho, kalian bisa chat admin kami di Telegram Group HidupCUAN atau kirim email ke sini

Simak juga obrolan seputar dunia Influencers bareng CEO 7 Ads, Albert Susanto di YouTube channel HidupCUAN!

Link: https://www.youtube.com/watch?v=T4kgcu-df70&t=572s

Deretan Meme Kocak Layangan Putus, Bikin Ngakak

0

Web series Layangan Putus yang masih tayang di WeTV nampaknya mampu mendobrak semua kalangan di Indonesia. Nggak hanya adegan dramatis antara Kinan (Putri Marino) dan Aris (Reza Rahardian) yang berhasil mencuri perhatian. Namun, permasalahan perselingkuhan Lydia (Anya Geraldine) juga mampu menyedot netizen lho. Saking bagusnya, setiap adegannya mampu bikin kita terngiang-ngiang, dan banyak cuplikan adegannya sampai dijadikan meme oleh warganet. Banyak meme Layangan Putus buatan warganet yang sukses bikin ngakak dan juga baper lho.

Nah, dari hashtag #layanganputus #memeolshop, dan #dramaolshop yang ada di media sosial, HidupCUAN mau share deretan meme kocak Layangan Putus dan yang lainnya yang relatable banget!

Ini sih impian banyak orang keranjang belanjaannya di checkout-in semua

Budayakan memakai language yang beragam

Bahagia ngga admin olshop kalo semua customer langsung transfer?

Layangan putus oh layangan putus

Ketika kurir-nya tak ada kabar

Siapa nih pelanggan Sobat Cuan yang suka nungguiin diskon di olshop kalian?

5 Ide Jualan Makanan Online Kekinian Dan Laris Manis

Momen pergantian tahun biasanya akan ada banyak perubahan yang terjadi di berbagai sektor, salah satunya yaitu kuliner. Usaha kuliner pun masih menjadi favorit semua orang karena memang masyarakat menjadikan makanan sebagai kebutuhan pokok yang utama. Siapapun bisa mulai berjualan makanan, baik itu karyawan maupun ibu rumah tangga. Seorang karyawan ditengah kesibukannya bisa memanfaatkan waktu luang sebelum atau sesudah bekerja untuk membuka dan mengatur usaha makanannya. Demikian juga dengan ibu rumah tangga, bisa memanfaatkan waktunya di sela-sela aktivitas sehari-hari dengan mulai berbisnis makanan dari rumah.

Nah, ide jualan makanan kekinian bisa jadi peluang alternatif dan solusi menjanjikan untuk menambah CUAN di tengah pandemi. Karena minat masyarakat terhadap kuliner baru yang inovatif, unik, dan rasanya yang nikmat selalu tinggi. Dengan modal minim dan kreativitas, Sobat CUAN bisa mulai berjualan makanan kekinian yang gampang masak dan menarik untuk dipesan secara online. 

Dihimpun dari berbagai sumber, tim HidupCUAN mengajak kalian intip forecast tren makanan di 2022 buat inspirasi jualan makanan yang bisa Sobat CUAN buat dari rumah, yuk kita cek di bawah ini:

  1. Snack Kekinian

Ada berbagai jenis snack kekinian yang bermunculan karena inovasi di bidang kuliner rasanya tidak pernah berhenti. Tahun kemarin booming dengan croffle, churros, dessert box, bakso aci, donat indomie, es kopi susu / gula aren, es teh dengan berbagai macam rasa, snack korea seperti corn dog, tteok-bokki, Korean garlic cheese bread. Nah, sekarang kalian bisa memulai usaha makanan kekinian untuk mencoba peruntungan.

Potensi keuntungan yang ditawarkan juga cukup besar, lho, mengingat snack kekinian banyak penggemarnya. Kalian bisa mulai berjualan dari rumah atau buat yang memiliki modal lebih temukan saja lokasi berjualan yang ramai seperti dekat sekolah dan gedung perkantoran supaya kesempatan lakunya lebih besar dalam mendapatkan pelanggan.

  1. Makanan Sehat Dan Organik

Makanan sehat dan organik bisa menjadi usaha kuliner yang menjanjikan di tahun 2022 karena mulai banyak masyarakat yang menyadari pentingnya menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi. Kini, makanan organik merupakan salah satu makanan yang paling banyak dicari dan dikonsumsi sehingga bisa Sobat CUAN manfaatkan untuk ide bisnis.

Kalian pun bisa menjadikan peluang bisnis makanan sehat menjadi lunch box bento sebagai salah satu pilihan makanan yang mendukung kesehatan khususnya bagi pekerja baik itu yang sudah WFO maupun masih bekerja dari rumah. Kalian bisa menyediakan berbagai menu makanan sehat yang menarik, mulai dari nasi merah/kentang, sayur-sayuran, lauk pauk (daging dada kukus, ikan panggang), hingga buah-buahan. 

  1. Frozen Food

Meskipun frozen food sudah menjadi pemain lama mengisi usaha kuliner di berbagai belahan dunia, kini perkembangannya jauh lebih pesat akibat dampak dari pandemi yang bisa kalian pertimbangkan sebagai usaha kuliner. 

Banyak jenis makanan yang awalnya hanya tersedia untuk makan di tempat bahkan sekarang bisa dikirim keluar kota tentunya ditunjang dengan packing yang baik ya, misalnya pempek, bakso, sate, batagor dan sebagainya, kini semua tersedia dalam bentuk frozen untuk siap disantap di rumah dengan mudah.

Ditambah packaging yang menarik menjadi nilai tambah bagi pembeli yang ingin menjadikannya sebagai hamper! Menarik bukan, Sobat CUAN?

  1. Sambal

Tidak dipungkiri, masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan bercita rasa pedas, inilah alasan mengapa penjualan sambal begitu laris di pasaran dan bisa jadi ide jualan makanan online yang menjanjikan buat Sobat CUAN.

Meskipun banyak orang bisa membuat sambal sendiri di rumah, tapi sambal kemasan tetap saja diminati. Selain karena praktis, sambal kemasan seringkali menawarkan rasa yang khas dan tidak bisa ditiru satu sama lain.

Sebut saja sambal peda, sambal cumi yang menggunakan cumi kering, dan sambal bawang yang juga mengeluarkan aroma udang. Ada juga sambal bajak teri, sambal terasi, sambal dabu-dabu, sambal goang dan masih banyak lagi.

Kalau olahan sambal Sobat CUAN rasanya enak dan khas, maka nyaris dipastikan akan laris dan buat konsumen jadi ketagihan. Oh iya, jangan lupa, sebelum melakukan proses pengiriman dengan ekspedisi, pastikan kemasan sudah aman agar tidak basi dan tidak bocor di jalan.

  1. Hampers 

Pada mulanya hampers termasuk dalam kategori bisnis musiman yang umumnya akan laku keras menjelang hari-hari besar seperti lebaran atau Natal. Sekarang ini, hampers memiliki peluang cukup besar lho, karena selain di hari raya, perayaan lainnya seperti ulang tahun, bridal shower, syukuran kelahiran, pindah rumah baru pun hampir dipastikan orang-orang akan mengirimkan hamper ke empunya hajatan. Sobat CUAN masih bisa mencobanya sebagai salah satu ide usaha kuliner yang menjanjikan di tahun ini.

Nah, untuk mendapat keuntungan lebih menjanjikan, kalian bisa mencoba jenis hampers yang kini masih banyak dicari, seperti hampers kue kering, brownies, cheese cake, ataupun soft baked cookies.

Produk kuliner jenis ini biasanya dicari oleh pembeli karena bentuknya yang menarik disertai dengan packagingnya yang cantik dan instagrammable untuk dijadikan konten feed di media sosial.

Itu dia beragam ide makanan online yang bisa Sobat CUAN jadikan peluang bisnis di tahun 2022. Jangan lupa untuk mempelajari dan memahami peluang serta resikonya sebelum memulai jualan di ranah bisnis makanan online. Selamat mencoba, ya!

Intip Prediksi Tren 2022 Produk Jualan Online

0

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital dari tahun ke tahun, semakin banyak juga inovasi strategi bisnis dari pebisnis modern yang bisa menginspirasi para pebisnis kecil, baik perseorangan atau UMKM untuk memulai bisnis online. Agar dapat menjalankan bisnis dengan baik, tentunya diperlukan perencanaan dan strategi yang tepat. 

Bisnis serba online di tahun 2022 akan semakin meluas, tentunya Sobat CUAN sudah harus mempersiapkan ide bisnis dan inovasi agar kalian tidak ketinggalan dengan yang lainnya. Melakukan riset terkait tipe bisnis online dan produk apa saja yang diminati tentu menjadi salah satu kunci utama, terutama bagi yang baru mau mulai berbisnis online maupun Sobat CUAN yang ingin memperluas bisnisnya. 

Dihimpun dari berbagai sumber, tim HidupCUAN mau mengajak kalian intip ide bisnis buat inspirasi jualan online kamu yang bakalan jadi tren di 2022, yuk kita cek di bawah ini:

  1. Fashion

Berbisnis di dunia fashion merupakan bisnis yang paling banyak diminati baik itu pakaian dewasa wanita, pria sampai anak-anak. Karena bisnis fashion ini merupakan bisnis yang sangat menjanjikan dan selalu dicari, kalian bisa menjual produk fashion sesuai model yang sedang laku di pasaran, misal fashion model Korea. Selain itu, Sobat CUAN bisa juga menjual produk fashion spesifik misalnya membuat toko thrift shop yang menjual baju branded vintage, baju tidur, baju olahraga, baju bayi dan jenis pakaian lainnya.

  1. Makanan

Saat ini makanan dengan rasa, bentuk, warna dan perpaduan yang kreatif banyak digemari generasi milenial baik untuk konsumsi sehari-hari maupun untuk hampers ulang tahun, hari raya, syukuran, dan lain-lain. Semakin kreatif makanannya akan semakin banyak pula yang pesan buat dijadikan konten di media sosial.

Ide-ide kreatif yang dituangkan kedalam bentuk kue, sushi, nasi tumpeng, jajanan khas dari berbagai daerah di Indonesia, dan lainnya justru menjadi kunci bisnis makanan tersebut akan lebih laris. Atau kalian juga bisa menjual makanan dengan mengikuti tren makanan & snacks Korea yang lagi terkenal. Dengan demikian, Sobat CUAN akan lebih mudah memasarkan produk yang dijual.

  1. Produk Kecantikan & Perawatan

Bisnis produk kecantikan dan perawatan merupakan bisnis yang masih bisa menjadi tren bisnis online di tahun 2022. Produk make up dan perawatan akan kembali ramai dibeli oleh para wanita setelah sempat turun di tahun 2020 hingga 2021. Jadi bisnis produk kecantikan maupun perawatan tubuh bisa jadi pilihan buat Sobat CUAN yang juga tertarik bisnis di bidang kecantikan. Perlu diingat ya, kalau produkmu aman dan telah mendapat izin resmi dari BPOM sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari. 

  1. Gadget & Elektronik

Peluang bisnis online shop laris yang bisa mendatangkan keuntungan berikutnya yaitu bisnis gadget online. Tentunya untuk gadget ini nggak melulu gadget, namun bisa juga dengan menjual aksesoris gadget yang kini banyak dicari orang. Penjualan gadget terus meningkat apalagi banyak orang yang kini punya lebih dari satu gadget dalam kehidupan sehari-hari.

Aksesoris gadget mulai dari case, charger, headset, screen guard dan lain sebagainya juga nggak kalah larisnya. Sehingga dengan menjual aneka produk gadget di online shop tentunya akan sangat menguntungkan.

  1. Produk Perlengkapan Rumah Tangga

Ternyata penjualan produk rumah tangga juga memiliki banyak peminat lho, Sobat CUAN. Salah satunya mungkin karena di marketplace, konsumen bisa langsung mencari berbagai jenis produk yang lebih bervariasi sehingga lebih sesuai dengan yang dibutuhkan atau diinginkan. Nah, menurut hasil riset eIQ, marketplace dengan penjualan produk peralatan rumah tangga paling tinggi adalah Tokopedia dan JD.Id.

Pengaruh media sosial juga sangat signifikan dampaknya. Banyak media sosial yang menampilkan alat rumah tangga aesthetic bergaya minimalis dengan desain menarik sehingga tampilannya lebih enak untuk dilihat. Mungkin kalian tertarik dan mau coba untuk menjualnya.

  1. Dropshipper

Nah, buat Sobat CUAN yang masih bingung mau mulai dari mana adalah menjadi dropshipper apalagi buat para pemula dalam dunia bisnis online. Dropshipper bisa dikatakan akan berperan sebagai sebuah jembatan yang menghubungkan produsen dan konsumen. 

Jenis bisnis ini bisa dijalankan tanpa modal, yang dibutuhkan adalah kemampuan promosi yang baik di offline dan marketplace. Sebagai dropshipper, kalian bisa menentukan sendiri margin keuntungan yang ingin diambil. Sistemnya pun sangat fleksibel sehingga tidak butuh membeli dan stock produk yang kalian jual terlebih dahulu. Kalian bisa cari tahu lebih lanjut dengan kontak tim HidupCUAN yang dengan senang hati bakalan membantumu.

Itu dia beragam ide produk jualan online yang bisa Sobat CUAN jadikan peluang bisnis di tahun 2022. Jangan lupa untuk mempelajari dan memahami peluang serta resikonya sebelum memulai jualan di ranah online bisnis. Selamat mencoba, ya! Dan, buat kalian yang mau tahu lebih banyak tentang seputar bisnis online, cek BelajarCUAN. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

7 Trik Ampuh Cara Membalas Chat Online Shop Agar Pembeli Check Out Barang Jualanmu

Tidak dipungkiri lagi, di masa sekarang ini marketplace dan media sosial sudah menjadi dua platform yang sangat potensial bagi UMKM dan online shop untuk berjualan. Biasanya, penjual dan pembeli akan berkomunikasi lewat chat. Bagi pembeli, mereka bisa bertanya melalui chat tentang jenis produk, waktu pengiriman atau apa saja yang berhubungan dengan proses jual-beli. Sementara bagi penjual, membalas chat calon konsumen juga penting sebagai bentuk pelayanan yang baik. Bahkan kemungkinan besar, balasan chat-mu menjadi nilai tambah buat pembeli untuk check out produk yang mereka incar.

Nah, supaya nggak salah langkah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membalas chat buat Sobat CUAN sebagai pemilik online shop. Penasaran seperti apa? Dihimpun HidupCUAN dari berbagai sumber, berikut cara membalas chat online shop beserta contohnya.

  1. Gunakan bahasa yang umum dan mudah dipahami

Saat mengirim/membalas pesan pada calon pembeli, gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti oleh orang-orang. Karena ada pembeli yang sudah terbiasa berbelanja online sehingga dia paham dengan istilah-istilah belanja online seperti Direct Transfer, Mobile Banking, Payment Gateway, 50% off, Buy 1 Get 1 Free, Free ongkir dan masih banyak lagi. 

Tapi ada juga pembeli yang belum paham lalu bertanya, “Min, maksudnya 20% cashback itu apa ya?” Jangan dijawab, “Ya kak bakalan dapet untung dari get 20%.” Baiknya dijawab dengan, “Oh, itu maksudnya kakak bakal dapat cashback sebesar 20% dari total pembelian bla bla bla….”

  1. Perhatikan tanda baca dan gunakan emoticon secukupnya

Karena kalian tidak bertemu secara langsung, tanda baca harus diperhatikan dalam membalas chat. Hal ini agar tidak ada kesalahpahaman antara penjual dan pembeli. Sebisa mungkin hindari menggunakan tanda seru (!) karena hal ini bisa membuat calon pembeli berpikir Sobat CUAN naik nada bicaranya atau lebih dikenal dengan nge-gas sewaktu kalian berinteraksi. 

Gunakan emoticon smile secukupnya, pembeli akan merasa bahwa kalian adalah penjual yang ramah, nyaman dan enak untuk ditanya mengenai produk dan hal apapun yang kurang mereka ketahui tentang produk yang akan dibeli. 

  1. Buka, baca dan balas setiap chat secepat mungkin

Respons yang terlalu lambat bisa mengecewakan dan membuat mereka batal beli produk dari toko kalian lho. Karena itulah, Sobat CUAN harus segera membalas chat dari calon pembeli secepat mungkin. Waktu maksimal untuk membalas chat adalah 5-10 menit. Lebih dari itu biasanya calon pembeli sudah tidak mau menunggu, bisa jadi gadgetnya ditinggal dan dia melakukan aktivitas lain yang berpotensi bikin dia tidak jadi order. Jadi kalian harus membalas chat konsumen dengan cepat ya. Selain itu, kecepatan dalam membalas chat calon pembeli juga berpengaruh pada poin untuk kenaikan level toko. Tergantung pada kebijakan masing-masing marketplace, fitur auto-reply dan broadcast chat biasanya tidak berpengaruh pada Persentase Balas Chat untuk kenaikan level toko.

Jika kalian sudah terbiasa dengan pertanyaan yang sama, usahakan untuk membuat template jawaban yang bisa kamu gunakan untuk banyak orang. Contohnya: auto reply chat buat yang baru kirim pesan ke chat online shop, opsi jasa pengiriman, format info jenis produk dan warna, info pengembalian produk, info penukaran barang, dan lainnya. Selain lebih efektif, kalian juga bisa lebih menjelaskan secara rinci informasi yang dibutuhkan calon pembeli.

  1. Hindari percakapan diluar topik jual beli

Ketika ada calon pembeli menanyakan produk yang diincar, pastikan untuk membalas sesuai dengan informasi yang dia butuhkan. Hindari percakapan dengan membalas chat keluar dari topik pembahasan. Lakukan komunikasi secara efektif dengan membalas chat dari calon pembeli dengan relevan.

  1. Gunakan trik barang langka

Dengan trik seperti ini, cukup ampuh untuk mengatasi calon pembeli yang tidak check out produk Sobat CUAN. Kalian perlu memberikan informasi quantity barangnya tinggal sekian item, apabila calon pembeli tidak segera order dan transfer maka produk tersebut akan habis. Itu juga bisa membuat mereka agar cepat-cepat mengorder dan transfer pembayaran.

Contohnya, ”Kak, ini barangnya tinggal 2 item saja untuk warna yang Kakak pilih. Kalau bisa segera order dan transfer sekarang ya agar tidak kehabisan. Soalnya kalau habis kami tidak restock lagi.”

  1. Abaikan chat yang cuma main-main

Sobat CUAN boleh banget mengabaikan chat yang muncul, apalagi yang isinya hanya main-main dan iseng. Tak sedikit para penjual yang mendapatkan chat dari orang iseng berisi kata-kata rayuan, ajak kenalan atau bertanya diluar produk yang kalian jual. Nah, daripada meladeni chat seperti ini, lebih baik abaikan saja dan beralih pada chat calon pembeli selanjutnya.

  1. Selalu jadi pihak yang terakhir membalas pesan

Usahakan Sobah CUAN selalu menjadi orang yang terakhir membalas chat pembeli. Walau mereka hanya membalas dengan singkat atau emoticon, kalian tetap harus membalasnya dan jangan lupa untuk berterima kasih. 

Contohnya, “Terima kasih telah berbelanja di toko kami. Kami tunggu pesanan-pesanan lainnya dari Kakak. 😃 ”

Dunia online shop juga mendorong munculnya berbagai istilah popular baru yang khas. Siapapun yang pernah belanja online pasti pernah mendengar ini: COD (cash on delivery), preloved (bekas barang kesayangan), mint condition (seperti baru), free ongkir (gratis ongkos kirim), rekber (pembayaran melalui rekening bersama), bonus cashback, freebies (bonus sample produk), hingga no Afgan (tidak boleh menawar dengan sadis; diambil dari lagu “Sadis” milik Afgan).

Begitulah cara membangun komunikasi yang simple dan mudah untuk dipraktekkan ketika Sobat CUAN berinteraksi dengan calon pembeli di online shop. Kalian juga bisa lho menggunakan panggilan umum pada pelanggan seperti, Sis, Kak, Mimin, Agan, Bro, Beb, Min, untuk menyesuaikan irama percakapan sewaktu membalas chat dari pembeli. Dalam dunia yang interaktif, hubungan antara penjual dan pembeli jadi terasa amat dekat, seolah tanpa sekat. Maka dari itu, usahakan untuk membuat komunikasi senyaman mungkin dengan pembeli yang berujung check out dan bayar produk jualan Sobat CUAN.

Meme Kocak Yang Sering Terjadi Di Dunia Online Shop

0

Pastinya kalian Sobat CUAN sebagai pemilik online shop tidak luput dari berbagai problema dan drama seru antara penjual dan pembeli di olshop kalian atau marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya. Karena kalian tidak dapat bertatap muka bahkan bicara langsung, maka sering kali terjadi percakapan di kolom chat yang bisa berujung salah paham di antara kalian. Nggak heran deh, baik pembeli maupun penjual suka mengeluh karena obrolannya suka nggak nyambung walaupun kalau dipikir lagi suka bikin gemes dan akhirnya jadi ketawa sendiri. 

Nah, dari hastag #memeolshop dan #dramaolshop yang ada di media sosial, ini dia meme kocak dan relate banget pastinya yang HidupCUAN kumpulin buat mengungkap serunya pengalaman jual beli di dunia online shop.

Para admin olshop pasti sering mengalami kejadian kaya gini

Nah loh, bingung kan, pesennya ke mana, chat-nya sama siapa

Pembeli yang terlalu semangat barangnya minta langsung dikirim detik itu juga

Barangnya beneran ada dan lagi dipacking tapi…

Seringkali terjadi di dunia olshop, sabar ya Sobat CUAN

Yang begini ini suka bikin gemas ya, setuju?

Auto koreksi yang sering bikin auto ngakak

Jangan sampai Ibu Susi turun tangan ya

Alamat palsu atau kurir tersesat tak bisa baca peta

Memaksimalkan Facebook Ads Buat Promosi Jualan Kamu

Tidak bisa dipungkiri lagi, sekarang kalau mau jualan jadi serba gampang lewat online. Contohnya, melalui Facebook dan Instagram sekarang Sobat Cuan sudah bisa promosikan produk maupun toko jualan kalian melalui Facebook Ads.

Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah iklan dalam bentuk gambar ataupun video dengan target iklan yang lebih spesifik (berdasarkan lokasi, usia, minat atau hobi) sesuai dengan jenis produk yang kalian jual. Penempatannya tidak hanya di platform Facebook saja, tapi bisa juga di Instagram, Facebook Messenger, dan juga Audience Network. Dengan Facebook Ads, Sobat Cuan bisa mendapatkan hasil yang optimal, tergantung pada objective/tujuan iklan yang kalian pilih.

Jika Sobat Cuan ingin penjualan dan omset maksimal, bisa memilih objective yang conversion. Sedangkan untuk tujuan toko kalian ingin makin banyak dilihat dan dikunjungi, Sobat Cuan bisa pilih objective yang Traffic atau Store Traffic. Ada banyak lagi objective lainnya, akan dijelaskan di bawah ya! Selain itu, biaya iklan di Facebook Ads juga relatif murah mulai dari Rp 25.000 per iklan. 

Nah, agar bisa menggunakan layanan Facebook Ads, syarat pertama harus kalian lakukan adalah dengan membuat Facebook Fanpage atau akun bisnis karena Facebook Ads tidak tersedia pada akun Facebook personal/pribadi.

Selanjutnya, Ratih, Performance Marketing dari Aisensum menjelaskan, sebelum beriklan di Facebook Ads ada beberapa hal yang bisa kalian pertimbangkan atau atur, seperti target/objective iklan, budget iklan dan produk mana yang akan dipromosikan. Facebook Ads memiliki struktur yang sudah rapi dan mudah dimengerti fungsi-fungsinya alias user friendly sehingga cukup mudah bagi kalian yang baru pertama kali mau beriklan di Facebook Ads. 

Ada 11 Facebook ads objectives yang bisa Sobat Cuan pilih berdasarkan pada target apa yang ingin kalian capai lewat beriklan di Facebook:

  • Brand awareness: Memperkenalkan brand toko kepada audience baru.
  • Reach: Menampilkan iklan kepada sebanyak mungkin audience.
  • Traffic: meningkatkan traffic menuju halaman website, aplikasi, atau Facebook Messenger.
  • Engagement: Menjangkau audience untuk meningkatkan jumlah post engagement.
  • App installs: Mengajak orang untuk mengunduh aplikasi kalian.
  • Video views: Mendapatkan lebih banyak orang untuk menonton video iklan kalian.
  • Leads generation: Mendapatkan prospek baru menuju funnel penjualan kalian. Cocok digunakan ketika menjalankan lead generation.
  • Messages: Mendorong orang untuk menghubungi bisnis kalian lewat Facebook Messenger.
  • Conversions: Mendorong orang untuk melakukan tindakan tertentu di situs website, aplikasi, atau Facebook Messenger kalian.
  • Catalog sales: Menghubungkan iklan Facebook kalian dengan katalog produk untuk menampilkan iklan produk.
  • Store traffic: Mengarahkan pelanggan terdekat menuju toko fisik kalian.
  • Event response: Mendorong audience untuk mendaftarkan diri di event kalian.
  • Page likes: mendapatkan likes untuk Facebook page kalian.

Selanjutnya, kalian harus mengatur nominal budget yang ingin dikeluarkan untuk kampanye iklan Facebook. Sobat Cuan dapat memilih anggaran harian atau seumur hidup (lifetime). Kemudian, tetapkan tanggal mulai dan akhir, atau pilih untuk langsung menayangkannya.

Pada pengaturan bagian Target Audience, opsi pertama yang kalian lihat berguna untuk menambahkan audience khusus berisikan orang-orang yang telah berinteraksi dengan bisnis kalian di dalam atau di luar Facebook. Setelah itu, mulailah dengan memilih lokasi target, usia, jenis kelamin, dan bahasa. Saat kalian membuat pilihan, perhatikan indikator ukuran audience di sebelah kanan layar. Indikator tersebut memberi kalian gambaran tentang potensi jangkauan iklan Sobat Cuan. Pastikan ukuran audience kalian tidak terlalu luas, tapi juga tidak terlalu spesifik karena akan berpengaruh pada optimal atau tidaknya distribusi iklan.

Kalian juga akan melihat perkiraan jumlah Page Like pada bagian tersebut.

Perkiraan ini akan lebih akurat jika Sobat Cuan pernah menjalankan kampanye sebelumnya, karena Facebook akan memiliki lebih banyak data untuk dikerjakan. Ingatlah selalu bahwa ini adalah data perkiraan, maka tidak selalu akurat ketika iklan selesai dijalankan.

Untuk kalian yang masih bingung untuk menentukan penempatan iklan yang ingin ditampilkan, HidupCUAN menyarankan memilih “penempatan otomatis”. Tujuannya untuk memaksimalkan anggaran dan membantu menampilkan iklan kepada lebih banyak audiens. Tapi kalau sudah pernah beriklan dan yakin dengan pilihan placement-nya bisa di klik sesuai yang kalian inginkan ya. 

Selanjutnya, Ratih menjelaskan ada 5 faktor yang bisa digunakan untuk mengukur KPI (Key Performance Index) dari iklan yang dijalankan:

  1. ​​Reach : jumlah orang melihat iklan.
  2. Impression : jumlah iklan yang ditayangkan .
  3. CTR/Click Through Rate : rasio jumlah klik terhadap jumlah impression.
    Namun ada 2 jenis CTR dalam reporting Facebook Ads, yaitu CTR(All) dan CTR (Link).
    CTR(All) : jumlah impresi dengan klik apapun dan dimanapun yang terjadi di iklan, baik itu klik like, klik share, dan klik-klik lainnya.
    CTR(Link) : jumlah impresi dibandingkan dengan klik pada link yang kalian letakkan di iklan, seperti link Beli Sekarang, Pesan Sekarang, Kunjungi Website, dll.
    Sobat Cuan bisa mengacu kepada CTR(Link) dan angka rata-rata yang direkomendasikan CTR Facebook Ads adalah 0.90%.

    Apabila nanti teman-teman menemukan nilai CTR di bawah rata-rata, kalian bisa mencoba menaikkan CTR dengan memperbaiki copywriting iklan, mengganti gambar/video yang dipakai, dan menyesuaikan Audience yang dipilih.
  4. CPR/Cost Per Result : perhitungan biaya yang dikeluarkan untuk setiap hasil yang didapatkan. Dihitung dari jumlah total yang dikeluarkan dibagi dengan jumlah Results.

    Contohnya, kalian menjual produk dengan produk Rp 100.000 dengan margin 40%, yaitu Rp 40.000. Rekomendasi biaya CPR yang baik sebaiknya <1% dari margin atau berada di bawah Rp 400.
  5. ROAS/Return On Ad Spend : dihitung dari jumlah pendapatan dibagi biaya promosi iklan.

    Mari kita berhitung untuk lebih mudah menjelaskan mengenai ROAS.
    Contohnya jumlah pendapatan dari iklan Rp 1.400.000 dengan biaya promosi Rp 350.000, maka ROAS nya adalah 4.
    Yang artinya kalian menghasilkan laba 4x atas pembelanjaan iklan. Jika ROAS kamu tinggi pada iklan yang sedang dijalankan, maka sebaiknya menambah budget untuk iklan tersebut karena semakin tinggi nilai ROAS, semakin efektif kampanye iklan tersebut.

Dari penjelasan di atas, HidupCUAN menarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  • Perhatikan akurasi data yang tersaji dalam laporan iklan untuk mengkalkulasi metrik, apakah data tersebut menyertakan semua pengeluaran iklan, menyertakan penjualan offline, dan data lain.
  • Selalu sesuaikan budget dengan hasil metrik yang dilacak contohnya mempersempit audience untuk untuk mengurangi CPR, menjalankan A/B testing, dan lainnya.
  • Identifikasi masalah-masalah yang muncul ketika menjalankan iklan seperti ROAS rendah namun CTR tinggi, kemungkinan copywriting kurang tepat, landing page kurang berkualitas, CTA (Call To Action) kurang jelas, proses checkout rumit, harga barang terlalu tinggi.
  • Tidak mudah memang menjalankan Facebook Ads untuk pemula. Jika kalian tipe yang tidak mudah menyerah dan selalu ingin belajar, Sobat Cuan bisa terus belajar Facebook Ads di YouTube channel HidupCUAN maupun di platform belajar kami, BelajarCUAN.
    Bagi teman-teman yang tidak mempunyai waktu dan tenaga untuk menjalankan dan menganalisa Facebook Ads, ada baiknya untuk mempertimbangkan menggunakan Digital Marketing Agency seperti Aisensum untuk membantu teman-teman dalam menjalankan campaign iklan yang efektif.

Simak penjelasan lebih lengkap dan buat kalian yang ingin langsung mencoba beriklan lewat Facebook Ads di ObrolanCUAN bareng Ratih, Performance Marketing Executive dari Aisensum, digital agensi yang menawarkan Platform Pemasaran Digital berbasis AI atau join online event Facebook Ads di Grup Telegram HidupCUAN pada 15 Desember 2021, pukul 19.30 WIB. 

Link:​​https://www.youtube.com/watch?v=4a_g4ueGDtM

Kamu juga bisa menonton episode ObrolanCUAN lainnya seputar bisnis online shop di YouTube channel HidupCUAN!

5 Trik Ampuh Supaya Jualan Laris Manis di Marketplace

Saat ini ada banyak platform marketplace yang bisa kamu pilih untuk berjualan online seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, Bukalapak. Setiap platform memiliki ciri khas dan pasarnya tersendiri. Ada tipe pelanggan yang memilih untuk berbelanja di marketplace karena banyak promo yang ditawarkan seperti gratis ongkir, cashback, paylater,  sedangkan tipe pelanggan lainnya karena pilihan produknya lebih beragam dan up to date. 

Hal ini membuat banyak pebisnis, mulai dari perseorangan, UMKM hingga brand-brand besar, memasuki platform marketplace. Ditambah, tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan alias gratis untuk membuat toko online, kita bisa langsung berjualan di marketplace. Ditunjuang kemudahan-kemudahan lainnya yang membuat tokomu dilihat oleh banyak orang memungkinkan mendapatkan penjualan dan repeat orders dari pelanggan. Berikut ini adalah trik ampuh yang bisa kamu coba agar jualanmu laris manis di marketplace.

  1. Foto & deskripsi nama produk unik dan menarik
    1. Beri nama produk dengan keyword yang sering diketik calon pembeli pada kolom pencarian. Pakailah sinonim nama produk untuk menambah peluang kemunculannya di halaman pencarian. Contoh produk: Mesin Kopi / Coffee Maker / Espresso Machine.

Selalu gunakan rumus dasar penamaan produk

[Jenis + Merk + Keterangan + Kata Promosi]

Contoh: Nescafe Dolce Gusto Piccolo Xs Machine + Free 3 Boxes Of Cappuccino

  1. Memaksimalkan jumlah foto produk yang boleh di upload untuk setiap produk jualanmu. Contohnya di Shopee, kamu bisa meng-upload hingga 9 foto termasuk foto sampul. Sedangkan Tokopedia memberikan 5 slot foto untuk foto produk dari berbagai sisi. Perlu diingat setiap marketplace memiliki ketentuan resolusi foto dan pixel masing-masing.
  1. Aktif di media sosial

Manfaatkan fitur di sosial media sebagai media promosi jualanmu. Facebook dan Instagram adalah 2 media sosial yang umumnya digunakan para online shop untuk jualan dan promosi baik di feed, stories, reels, maupun via Livestream.

Kalian bisa posting teaser atau berupa gambar/video pancingan agar orang-orang tertarik lebih lanjut dengan promosi yang kamu buat. Gunakanlah juga kalimat yang menarik, contohnya “Siap-siap, besok ada diskon up to 60% dari (nama online shop kalian), jangan ketinggalan ya!” atau bisa juga tawarkan diskon khusus bagi follower yang beli produk kamu seperti “Dapatkan cashback Rp 50.000 buat follower yang order via Instagram! Promo berlaku 3-5 Desember”.

Jangan lupa juga untuk cek jam prime time di media sosial supaya konten promo kalian maksimal penyebarannya. Prime time adalah waktu terbaik untuk post konten dimana saat tersebut orang-orang sedang banyak-banyaknya memantau timeline. Biasanya pagi sekitar jam 7-9, jam makan siang sekitar 11 pagi sampai 1 siang, dan malam sekitar pukul 7-10 malam. Namun perlu di garis bawahi, setiap akun memiliki waktu prime time yang berbeda-beda. Kami sarankan untuk cek Insight akun sosial media kalian. Menu Insight akan terbuka apabila akun kalian sudah memiliki 100 followers.

  1. Berikan promo-promo menarik

Saat berbelanja baik offline maupun online, promo adalah salah satu hal yang menjadi alasan orang berbelanja. Karena pembeli akan membeli produk dari toko dengan promosi yang lebih menarik dari toko lainnya.

HidupCUAN menyarankan untuk melakukan strategi promosi yang sesuai dengan budget kalian. Macam-macam promosi yang bisa kalian lakukan seperti di bawah ini: 

  1. Gratis ongkir

Aktifkan fitur gratis ongkir dengan menentukan nominal ongkir yang akan ditanggung marketplace dan juga nominal minimal belanja. Perlu diingat bahwa syarat dan ketentuan masing-masing mungkin akan berbeda terkait promosi gratis ongkir. Kami himbau untuk meninjau dengan teliti agar toko kamu tidak dirugikan apabila mengaktifkan fitur ini.

  1. Cashback

Buat kalian yang masih bingung beda diskon dan cashback itu apa, berikut penjelasannya. Diskon adalah memberikan potongan harga langsung dalam jumlah persentase maupun besaran nominal ketika check out. Sedangkan cashback, hampir mirip dengan diskon namun nominal diskon atau persentase akan dikembalikan ke e-wallet (GoPay, Shopee Pay, OVO, dll) setelah proses belanja berhasil. Contohnya, “Setiap pembelanjaan Rp 150.000, cashback Rp 50.000”. Artinya, setelah transaksi belanja berhasil, pembeli akan mendapatkan uangnya kembali sejumlah Rp 50.000. Contoh lainnya, “Dapatkan cashback senilai 10% hingga Rp 20.000 untuk pembelanjaan minimal Rp 150.000”.

  1. Diskon

Kalian bisa memberikan diskon khusus untuk pelanggan yang baru belanja pertama kali di toko atau bisa juga untuk pelanggan yang baru follow toko kamu di marketplace.

  1. Garansi retur barang

Poin ini bisa jadi nilai tambah buat pelanggan yang mau check out produk yang mau dibeli di tokomu. Karena ada jaminan pelanggan bisa menukar produk yang dibeli dengan produk baru apabila produk yang diterima tidak sesuai. Untuk garansi retur barang ini, sebaiknya seller sudah menentukan skema atau tata cara yang perlu dilakukan pelanggan ketika akan retur barang yang dibeli agar kedua belah pihak tidak dirugikan. Contohnya seperti melakukan video unboxing paket yang diterima sebagai syarat retur maupun syarat lainnya.

  1. Maksimalkan fitur-fitur gratis yang ada di marketplace 

Marketplace menawarkan fitur iklan yang bisa kalian gunakan untuk mempromosikan produk baik yang gratis maupun yang berbayar. Sebelum memasang iklan berbayar, kalian bisa memanfaatkan fitur promosi gratis yang mereka tawarkan. Contohnya adalah fitur naikkan produk di Shopee setiap 4 jam sekali, promosikan produk terlaris di menu Feed Tokopedia dan Shopee.
Jangan sampai melewatkan program edukasi di marketplace yang bisa kamu ikuti secara gratis. Program-program tersebut akan menambah ilmu jualan kamu sehingga penjualanmu bisa laris manis dan bisnis makin cuan.

  1. Respons pesan-pesan dari pembeli dengan cepat. 

Kecepatanmu dalam membalas berpengaruh pada naik atau turunnya level tokomu di marketplace. Semakin tinggi level tokomu, semakin banyak hak istimewa yang kamu dapat, salah satunya adalah banyaknya tawaran untuk mengikuti promosi di frontpage/halaman utama marketplace.

Langkah-langkahnya cukup mudah dan praktis, bukan? Nah, dari penjelasan di atas, HidupCUAN bisa menarik kesimpulan sebagai berikut:

  • Faktor paling penting buat jualan di marketplace adalah tampilan toko menarik dengan foto dan detail produk yang jelas, promo yang menggiurkan dan berikan pelayanan prima buat calon pembeli.
  • Bagi kalian yang baru buka online shop untuk mendapatkan orderan pertama dan selanjutnya, HidupCUAN menyarankan untuk pasang iklan di marketplace yang pastinya budget disesuaikan, jangan sampai yang tadinya mau untung malah jadi buntung. 
  • Yang paling penting namun terkadang sering disepelekan, Dekorasi Toko. Hias tokomu dengan memasang banner dan video yang tidak hanya menarik, namun bisa menjawab pertanyaan pelanggan tanpa harus bertanya (bisa berupa banner sale, jam operasional, ataupun berupa produk-produk terlaris tokomu). Terms and Conditions toko juga bisa loh kamu buat menjadi gambar simple dan cantik lalu taruh di banner.

Jadi tunggu apalagi? Kamu bisa mulai berjualan online tanpa modal dan tanpa resiko sekarang! Kuncinya, selalu lakukan evaluasi setelah mempraktikkan satu tips. Jika hasilnya oke, lanjutkan ke tips berikutnya.

Buat kalian yang mau tahu lebih banyak tentang seputar bisnis online, cek BelajarCUAN. Sampai bertemu di artikel selanjutnya! 

Cara Pasang Iklan TopAds Otomatis Di Tokopedia Buat Jualan Kamu Laris Manis

Hai, Sobat CUAN! Ini pertama kali kamu mau beriklan di Tokopedia tapi bingung bagaimana menyusun strategi, tentuiin budget dan produk apa yang mau dipromosiin? Nggak perlu khawatir, iklankan produk jualan kamu di Tokopedia dengan TopAds Otomatis! Apa itu TopAds? Ini adalah salah satu fitur yang ada di Tokopedia yang bisa digunakan untuk mengiklankan produk kamu agar calon pembeli mudah menemukan di kolom pencarian teratas dan check out saat itu juga begitu lihat barang yang kamu jual. 

Salah satu keuntungan menggunakan fitur TopAds adalah, produk jualanmu bisa mendapat peringkat teratas saat pembeli mencari produk di kolom pencarian Tokopedia. Cara kerja fitur TopAds mudah buat kita yang baru mau mulai beriklan. Kamu hanya perlu membayar tiap kali ada yang me-klik iklan produk kamu. Istilah adalah, CPC (Cost Per Click) atau biaya per klik, tentunya bisa kamu sesuaikan pada waktu kamu mau mengaktifkan iklan TopAds. Biaya CPC ini bervariasi, mulai dari 250 Rupiah, 300 Rupiah, dan 350 Rupiah. 

Perlu diketahui bahwa fitur ini hanya bisa diakses lewat PC/Desktop dan Seller App, belum bisa melalui App Tokopedia biasa ya. Iklan produk TopAds sendiri memiliki 2 jenis iklan, yaitu Iklan Manual dan Iklan Otomatis. Nah, kali ini kita bahas apa itu Iklan TopAds Otomatis dan bagaimana cara mengaktifkannya. Jadi iklan TopAds otomatis adalah fitur pintar yang otomatis memilih produk dari tokomu sekaligus biaya per klik yang tepat untuk mengoptimalkan iklan. Kalian cukup mengatur budget iklan harian karena pengaturannya mudah, hanya dengan 1 klik aktifkan iklan otomatis, produkmu bakalan muncul di halaman-halaman strategis Tokopedia. 

Berikut cara mengaktifkan Iklan TopAds Otomatis:

  1. Buka website tokopedia dan Login ke akun jual Tokopedia kamu